pabrik herbal jogja

Cara Mengatasi Mata Lelah Herbal Secara Alami dan Aman

pabrik herbal jogja

Cara Mengatasi Mata Lelah – Sudah tidur cukup tapi mata masih lelah? Keluhan terkait mata lelah  hari ini samakin banyak dirasakan, hal ini tidak lepas dari perubahan gaya hidup masyarakat modern yang tidak pernah lepas dengan gadget. Mulai dari pekerjaan yang harus menatap layar komputer 8 hingga 9 jam perhari, mencari hiburan yang lagi-lagi tidak jauh dari gadget seperti scroll sosmed, main game dan lain sebagainya.

Pengaruh Buruk Layar Gadget Terhadap Mata Lelah

Cara Mengatasi Mata Lelah

Mengurangi Frekuensi Berkedip

Saat kita menatap layar, baik itu komputer, ponsel, atau televisi, frekuensi berkedip akan cenderung berkurang. Biasanya, kita berkedip sekitar 15-20 kali per menit, tetapi saat menatap layar, jumlah ini bisa turun drastis. Berkedip penting untuk melembapkan mata, sehingga pengurangan frekuensi berkedip bisa menyebabkan mata kering dan iritasi.

Cahaya Biru

Layar digital memancarkan cahaya biru, yang memiliki panjang gelombang pendek dan energi tinggi. Paparan cahaya biru yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata, yang disebut juga sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). Cahaya biru dapat mengganggu ritme sirkadian, sehingga mempengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan ketegangan mata. Untuk meminimalisir dampak dari cahaya biru dapat dikurangi dengan penggunaan kacamata anti radiasi dan blueray.

Fokus yang Terus-menerus

Menatap objek dalam waktu yang lama seperti komputer dan ponsel membuat mata kita terus-menerus fokus pada jarak yang sama dalam waktu lama. Pada dasarnya mata tidak didesain untuk terlalu fokus terhadap objek pasif dalam waktu lama. Mata akan lebih sehat ketika dapat menangkap perubahan fokus yang sering dari objek dekat ke objek jauh, dan juga sebaliknya. Ketegangan pada otot-otot mata karena terus-menerus fokus pada jarak yang sama dapat menyebabkan mata lelah dan menyebabkan mata minus.

Pencahayaan yang Buruk

Pencahayaan yang kurang ideal di sekitar kita dapat memperburuk kondisi mata lelah. Layar yang terlalu terang atau terlalu redup juga bisa membuat mata bekerja lebih keras untuk bisa fokus dan melihat dengan jelas sehingga menyebabkan kelelahan mata. Untuk itu aktifkan mode baca ketika harus menatap layar dalam waktu yang lama.

Ukuran Teks dan Grafis

Ukuran teks dan elemen grafis pada layar yang tidak proporsional dapat memaksa mata untuk terus-menerus menyesuaikan fokus dan menyebabkan kelelahan. Membaca teks kecil atau detail grafis dalam waktu lama dapat membuat mata cepat lelah. Untuk itu atur ukuran teks dan grafis senyaman mungkin agar mata tidak cepat lelah.

Cara Mengatasi Mata Lelah Secara Herbal

Kompres dengan Teh Hijau

Cara Mengatasi Mata Lelah

Selain untuk diminum teh hijau juga kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi mata lelah, selain itu teh hijau juga memiliki kandungan flavonoid dan katekin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kelelahan pada mata. Untuk mengompres mata menggunakan teh hijau, cukup siapkan dua kantong teh hijau kemudian rendam dua kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit, dinginkan, lalu tempelkan pada mata yang tertutup selama 10-15 menit. Mata akan rileks dan mengurangi kelelahan otot sekitar mata.

Kompres Timun

Cara Mengatasi Mata Lelah

Kita pasti sering melihat adegan film yang mana timun digunakan untuk mengompres mata ketika berjemur. Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi mata lelah dan bengkak. Kandungan aktif seperti vitamin C dan asam caffeic yang membantu mengurangi iritasi dan bengkak pada mata, kandungan air yang tinggi pada timun juga akan membuat sensasi dingin yang menyegarkan mata. Cara penggunaan timun untuk mengompres mata cukup mudah, cukup sediakan satu buah timun ukuran sedang laluIris timun tipis-tipis, kemudian tempelkan pada mata yang tertutup selama 10-15 menit.Selain memberi jeda untuk mata bisa beristirahat sensasi dingin dari irisan timun akan membuat mata menjadi rileks.

Lidah Buaya

Cara Mengatasi Mata Lelah

Lidah buaya dikenal karena sifat menenangkan dan melembapkannya. Tubuh yang kurang terhidrasi membuat otot kaku dan peredaran darah tidak lancar. Lidah buaya membantu mengatasi mata lelah dengan vitamin E dan aloin yang melembapkan dan mengurangi peradangan. Cara penggunaannya mudah: ambil gel lidah buaya segar, oleskan tipis pada kelopak mata, biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Minyak Lavender

Cara Mengatasi Mata Lelah

Selain aromanya yang wangi dan menenangkan minyak lavender merupakan minyak ajaib yang mengandung linalool dan linalyl acetate yang memiliki efek menenangkan dan anti-inflamasi. Minyak lavender dapat membantu mengikat kelembaban air di area mata dan mengurangi kering yang menyebabkan mata lelah. Cara penggunaanminyak lavender untukmengatasi mata lelah secara herbal cukup mudah: oleskan beberapa tetes minyak lavender kemudian pijat lembut di sekitar area mata terutama kelopak bawah. Hindari kontak langsung dengan mata. Jika olesanmu pas dan dirasa tidak mengganggu tidak perlu membilasnya menggunakan air.

Air Mawar

Air mawar memiliki berbagai khasiat dalam menangani berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kering, iritasi, hingga berjerawat. Selain itu aroma dari minyak mawar juga cukup segar dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk relaksasi. Ekstrak air mawar efektif mengurangi lingkaran hitam pada kantung mata, yang menunjukkan mata lelah. Air mawar melembapkan dan membantu regenerasi sel, meredakan mata lelah dan iritasi. Cara penggunaannya mudah: Rendam kapas dalam air mawar dingin, letakkan di kelopak mata tertutup, dan biarkan selama 10-15 menit.

Yoga Mata

Selain menggunakan cara-cara herbal untuk mengatasi mata lelah, latihan yoga mata dapat membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Beberapa latihan yang bisa kamu gunakan untuk meringankan gejala kelelahan mata antara lain:

  1. Gerakan mata ke samping, duduk dengan nyaman dan pandang lurus ke depan. gerakkan mata ke kanan sejauh mungkin, tahan selama beberapa detik, lalu kembali ke tengah. ulangi ke kiri.
  1. gerakan mata ke atas dan bawah: pandang lurus ke depan, lalu gerakkan mata ke atas sejauh mungkin dan tahan selama beberapa detik, kemudian kembali ke tengah. ulangi ke bawah.
  2. gerakan mata melingkar: buat lingkaran besar dengan mata searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam. ulangi beberapa kali.

Baca Juga : 10 Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku Secara Alami

Selain menggunakan cara-cara herbal yang telah kita bahas di atas, menjaga pola hidup sehat juga penting untuk mengatasi kelelahan mata. Penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mengistirahatkan mata, minum cukup air setiap hari untuk menjaga kelembapan tubuh dan mata, serta mengurangi durasi menatap layar komputer, ponsel, atau televisi. Gunakan aturan 20-20-20: setiap 20 menit, alihkan pandangan ke sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Pastikan juga mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin A, C, E, dan omega-3 untuk menjaga kesehatan mata.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *