6 Cara Herbal Mengobati Vertigo, Solusi Alami untuk Meredakan Pusing

Cara Herbal Mengobati Vertigo – Apakah akhir-akhir ini kamu sering merasakan pusing ketika baru bangun tidur atau ketika beranjak dari tempat duduk? Jika ia bisa jadi hal itu merupakan indikasi dari penyakit vertigo! Secara sederhana kita dapat mendeskripsikan vertigo sebagai sebuah kondisi di mana seseorang merasakan pusing mendadak dan terdapat sensasi rasa seperti seolah-olah dirinya atau lingkungan sekitar berputar, gerakan mata cepat, keringat dingin dan kadang ingin goyah seperti hampir pingsan. Pada keadaan yang cukup parah, bahkan hingga terasa hampir pingsan, mual, ingin muntah dan kehilangan keseimbangan.

Penyebab vertigo beragam, seperti gangguan telinga dalam, gangguan saraf, efek samping obat, genetik, dan kondisi kesehatan. Jika merasakan keluhan tersebut, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis penyakit dan penanganannya secara tepat.Selain ke dokter kamu juga bisa meredakan sedikit keluhan vertigo menggunakan cara herbal, mau tahu apa saja simak cara herbal mengobati vertigo hingga akhir.

Alasan Kenapa Menggunakan Obat Herbal?

Cara Herbal Mengobati Vertigo

Obat herbal merupakan jenis obat-obatan yang menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, baik yang berupa akar, daun, bunga, buah, biji, kulit dan lain sebagainya. Dengan ramuan yang tepat obat herbal dapat memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh tak terkecuali untuk mengobati vertigo. Mengobati vertigo menggunakan bahan alami memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah minim efek samping. Untuk kamu yang memiliki alergi terhadap obat tertentu dan berusaha mengurangi obat-obat kimia, obat herbal merupakan alternatif terbaik karena selain berkhasiat, efek samping yang ditimbulkan oleh obat herbal juga lebih minim untuk jangka panjang jadi penggunaan obat herbal pasti lebih aman dari pada obat-obat kimia.

6 Obat Herbal Mengobati Penyakit Vertigo

Jahe

Cara Herbal Mengobati Vertigo

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit vertigo adalah jahe. Jahe merupakan tanaman rimpang yang sudah sejak ratusan tahun lalu banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah untuk bahan obat hingga bumbu makanan. Bahan yang selalu ada di dapur ini memiliki kandungan aktif yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala mual, pusing vertigo. Jahe memiliki kandungan aktif berupa gingerol dan shagaol yang memiliki efek samping sebagai bahan anti inflamasi dan antiemetik, sensasi hangat setelah mengonsumsi jahe juga dapat membuat tubuh lebih fit. Cara penggunaan jahe untuk pengobatan vertigo cukup mudah, yaitu dengan cara menyeduhnya menggunakan air panas. Sebelum diseduh jahe dapat ditumbuk atau dipotong kecil-kecil agar sari-sarinya dapat larut di air. Kamu juga bisa menambahkan gula atau madu agar rasanya tidak terlalu pedas, tunggu air hingga hangat dan jahe bisa langsung diminum.

Ginseng

Cara Herbal Mengobati Vertigo

Memiliki bentuk yang hampir serupa dengan jahe, ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang juga sangat baik digunakan untuk meredakan vertigo. Terdapat dua jenis ginseng yang tersedia di pasaran, yaitu Ginseng Asia (Panax ginseng) dan Ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Ginseng memiliki kandungan aktif yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan stres, anti inflamasi, meningkatkan energi dan juga vitalitas. Jika didaerahmu sulit untuk menemukan ginseng kamu dapat menggunakan produk alternatif yang banyak tersedia di apotik, seperti kapsul atau tablet ginseng, ekstrak ginseng ataupun ginseng powder.

Ginko Biloba

Cara Herbal Mengobati Vertigo

Ginko biloba merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat. Tumbuhan ini dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, dan stres. Ginko Biloba juga bermanfaat untuk meredakan penyakit Alzheimer dan penurunan kemampuan kognitif. Efek samping yang didapatkan dengan mengkonsumsi ginko Biloba adalah peningkatan sirkulasi aliran darah ke otak, darah juga merupakan sel yang berfungsi mengangkut oksigen ke otak. Peredaran darah yang lancar ke otak dapat membantu meredakan dan mengurangi gejala pusing dan perasaan berputar vertigo. Cara memanfaatkan ginko biloba sebagai obat vertigo dapat dengan cara menyeduh daunnya dengan air hangat atau membeli produk kapsul gingko biloba herbal yang sudah tersedia banyak di apotik.

Daun Mint

Cara Herbal Mengobati Vertigo

Di balik sensasi dingin dan menyegarkan, ada banyak sekali manfaat dari daun mint untuk kesehatan. Meskipun kurang familiar untuk masyarakat Indonesia daun mint sudah sejak lama digunakan sebagai pelengkap makanan dan bahan baku obat di luar negeri. Daun mint memiliki berbagai kandungan aktif yang bermanfaat untuk tubuh, Daun mint memiliki kandungan antibakteri, antioksidan dan juga antiradang. Mentol dalam daun mint dapat meredakan mual dan memberikan sensasi sejuk, mengurangi gejala vertigo. Hirup aroma minyak esensial daun mint atau minum teh daun mint hangat sebagai obat herbal untuk vertigo.

Kunyit

Siapa di sini yang punya kebiasaan minum jamu? Salah satu bahan baku utama pembuatan jamu adalah kunyit. Manfaat kunyit untuk meredakan vertigo karena kunyit memiliki bahan aktif dan memiliki sifat anti inflamasi dan juga antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu meredakan pusing dan mual yang seringkali diderita oleh orang-orang yang memiliki riwayat vertigo. Selain diseduh ataupun dibuat jamu, kunyit juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Akan tetapi tentu jika sekedar digunakan sebagai bumbu sifatnya hanya menjadi penyedap makanan, jadi akan lebih baik jika kamu membuat ramuan teh kunyit entah menggunakan kunyit utuh atau yang sudah diolah menjadi serbuk instan.

Eucalyptus

Beberapa dari kita mungkin masih asing dengan yang namanya eucalyptus! Tapi pasti sudah sangat familiar dengan minyak kayu putih bukan? Eucalyptus atau kayu putih merupakan salah satu tanaman yang memiliki sejuta manfaat, ekstrak minyak kayu putih ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat meredakan vertigo. Eucalyptus memiliki kandungan anti inflamasi dan dapat membantu melegakan pernapasan. Ketika vertigo kambuh, seseorang akan merasa pusing dan berkunang-kunang. Kadang juga susah bernapas karena pusing dan panik. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih di bagian pelipis atau menghirupnya untuk melancarkan pernapasan. Agar lebih maksimal, gunakan air hangat yang telah ditetesi minyak kayu putih. Uap air hangat yang diberi minyak kayu putih dapat berfungsi sebagai diffuser untuk meredakan pusing akibat vertigo.

Baca Juga : Cara Herbal Mengobati Maag Solusi Alami untuk Redakan Nyeri Lambung

Ada banyak tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai cara herbal mengobati vertigo. Bahan alami lebih aman untuk tubuh dibandingkan obat kimia yang memerlukan resep dokter. Cobalah salah satu bahan herbal dan cari yang paling cocok, karena reaksi setiap orang berbeda-beda. Jika sakit berlanjut, konsultasikan ke dokter atau ahli. Pastikan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *