Cara Herbal Mengobati Migrain Alternatif Sehat Tanpa Efek Samping

Cara Herbal Mengobati Migrain – Punya keluhan sakit kepala hanya di bagian-bagian tertenu? Bisa jadi itu adalah migrain, migrain adalah sebuah kondisi yang mana sakit kepala (nyeri dan berdenyut) hanya terjadi di satu sisi kepala. Serangan migrain dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, dengan gejala seperti nyeri berdenyut, mual, dan sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Orang yang sedang mengalami migrain akan cenderung lebih emosional, akibat dari rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh migrain. Selain berkonsultasi ke dokter dan mengonsumsi obat. Untuk Anda yang sedang menghindari obat-obatan kimia,  Anda bisa mengatasi migrain dengan cara-cara herbal loh. Meski proses penyembuhannya tidak secepat obat-obat kimia akan tetapi efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan herbal akan lebih sedikit dan memberi efek jangka panjang yang lebih baik.

Cara Herbal Mengobati Migrain

Berikut ini adalah beberapa bahan dan metode herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan migrain :

Jahe

Cara Herbal Mengobati Migrain

Jahe dikenal karena sebagai salah satu rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang kuat, jahe memiliki kandungan aktif yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan migrain. Rempah ini juga dapat membantu meredakan mual yang sering menyertai ketika migrain kambuh.

Cara Menggunakan Jahe untuk mengobati migrain:

Teh Jahe: Potong beberapa irisan jahe segar yang sudah dikupas dan rebus dalam air selama 10-15 menit. Saring dan minum tehnya. Anda bisa menambahkan madu dan lemon untuk membuat rasa rempah ini menjadi lebih enak.

Kapsul Jahe: Jika tidak suka rasa jahe, Anda bisa mengonsumsi kapsul jahe yang tersedia di toko-toko kesehatan.

Kopi

Cara Herbal Mengobati Migrain

Kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi gejala migrain dengan cara menyempitkan pembuluh darah yang melebar di otak selama serangan migrain. Kafein juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas beberapa obat pereda nyeri. Minum satu cangkir kopi saat tanda-tanda awal migrain muncul. Namun, pastikan tidak berlebihan, karena konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk migrain. Hindari konsumsi kopi saat sedang pusing-pusingnya. Alangkah baiknya minum kopi sebagai salah satu menu sarapan di pagi hari, cukup satu cangkir untuk satu hari dan jangan menambahkan campuran apapun agar ekstrak kopi tidak rusak karena campuran atau rasa-rasa yang mungkin malah menyebabkan penyakit lain.

Ginkgo Biloba

Cara Herbal Mengobati Migrain

Ginkgo biloba adalah tanaman herbal yang dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi otak. Herbal ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan migrain dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Cara Menggunakan Ginkgo Biloba untuk meredakan migrain cukup mudah: Anda dapat mengonsumsi suplemen Ginkgo Biloba, Konsumsi suplemen ginkgo biloba sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan atau berdasarkan rekomendasi dari profesional. Anda juga dapat membuat ramuan seperti teh atau memasak ginko biloba sebagai bahan makanan.

Ketumbar

Cara Herbal Mengobati Migrain

Tidak hanya menjadi bumbu dapur untuk masak ayam ataupun kari. Ketumbar merupakan rempah kaya khasiat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu mengurangi gejala migrain. Ketumbar juga dikenal dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres.

Cara Menggunakan Ketumbar untuk mengatasi migrain adalah sebagai berikut:

Teh Ketumbar: Rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam satu cangkir air selama 10 menit tunggu dingin kemudian saring dan minum tehnya. Anda juga bisa menambahkan madu untuk membuat aroma dan rasa lebih mudah diminum.

Minyak Esensial Ketumbar: Oleskan beberapa tetes minyak esensial ketumbar pada pelipis dan pijat dengan lembut. Minyak ketumbar akan membuat kepala lebih santai dan tidak tegang.

Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Cara Herbal Mengobati Migrain

Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk mengatur saraf dan otot. Kekurangan magnesium dapat mengakibatkan berbagai masalah tubuh, salah satunya adalah serangan migrain. Mengonsumsi makanan yang kaya magnesium dapat membantu mencegah migrain.

Beberapa makanan kaya magnesium, antara lain:

  • Sayuran Hijau: Bayam, kale, dan brokoli.
  • Kacang-Kacangan: Almond, kacang mete, dan kacang tanah, DLL.
  • Biji-Bijian: Biji labu, biji chia, dan biji rami.
  • Ikan: Salmon, makarel, dan tuna.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Cara Herbal Mengobati Migrain

Selain mineral seperti magnesium vitamin juga memiliki peran vital terhadap kesehatan tubuh. Vitamin B2, juga dikenal sebagai riboflavin, adalah vitamin yang penting untuk produksi energi dan fungsi sel yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin B2 dapat membantu mengurangi frekuensi dan durasi serangan migrain.

Cara Mengonsumsi Vitamin B2:

Suplemen Riboflavin: Konsumsi suplemen riboflavin sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter atau berdasarkan rekomendasi yang tertera pada kemasan.

Makanan Kaya Riboflavin: Daging sapi, daging ayam, ikan, telur, susu, dan sayuran berdaun hijau.

Tips Lain Mengatasi Migrain

Selain menggunakan cara herbal mengobati migrain, Anda juga dapat menggabungkan pengobatan herbal dengan menerapkan pola gaya hidup sehat berikut ini:

Pola Makan Seimbang

Cara Herbal Mengobati Migrain

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi frekuensi serangan migrain. Hindari makanan pemicu yang dapat menyebabkan sakit kepala seperti makanan yang mengandung MSG berlebihan, makanan dengan aroma yang terlalu menyengat. Sebaliknya, pilih makanan yang kaya akan magnesium, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mencegah migrain. Usahakan tidur selama 7-8 jam setiap malam dan pertahankan pola tidur yang konsisten. Kurangi menatap layar gadget sebelum tidur agar mata menjadi lebih tenang dan otak dapat beregenerasi ketika tidur. Jangan lupa untuk membuat ruangan menjadi gelap ketika tidur, ruangan yang gelap sangat membantu tubuh dapat beristirahat dengan baik dan otak menjadi rileks.

Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pilih olahraga yang Anda nikmati, jangan memaksakan diri langsung berolahraga berat seperti orang-orang yang ada di internet. Lakukan olahraga secara bertahap seperti berjalan, bersepeda, atau yoga, dan lakukan setidaknya 30 menit setiap hari. Apabila sudah konsisten Anda dapat meningkatkan intensitas olahraga harian Anda.

Kelola Stres dengan Baik

Stres adalah salah satu pemicu utama migrain dan banyak penyakit-penyakit lain. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, latihan pernapasan, mendengarkan musik atau melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat bahagia dan menenangkan. Hindari lingkungan dan kegiatan yang membuat Anda menjadi stres dan tertekan. Kesehatan mental adalah tolak ukur dari kesehatan tubuh.

Baca Juga : Wajib Tau 11 Cara Herbal Mengobati Batu Empedu Paling Efektif

Itulah pembahasan kita hari ini mengenai cara herbal mengobati migrain agar terhindar dari efek samping yang kurang baik untuk tubuh. Anda bisa membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat yang memiliki masalah sakit kepala sebelah atau migrain. Jika pengobatan herbal tidak memiliki efek apapun dalam jangka waktu yang lama, segera konsultasi masalah kesehatan kepada dokter ahli, jangan sampai Anda salah diaknosis dan penanganan yang justru membahayakan kesehatan Anda. Mungkin sekian dulu pembahasan kita hari ini dan semoga bermanfaat.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *