10 Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku Secara Alami

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku – Terbiasa menggunakan kaus kaki dan sepatu dalam jangka waktu yang lama atau memiliki rutinitas harian seperti harus berdiri di tempat-tempat basah dan lembap untuk waktu yang lama? Jika iya coba cek bagaimana kondisi kuku kaki Anda? Jika terjadi penebalan pada kuku, kemudian ada perubahan warna menjadi kekuningan dan ada bintik putih pada ujung kuku. Salah satu dampak yang akan terjadi ketika kuku terserang jamur adalah kerusakan yang menjadikan kuku menjadi rapuh. Agar masalah tersebut tidak menjadi makin parah, yuk simak artikel berikut ini hingga akhir, karena kita akan membahas 10 cara herbal mengobati jamur kuku secara alami.

Penyebab Jamur Kuku

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Onikomikosis, yang dikenal sebagai infeksi jamur kuku, adalah suatu kondisi di mana jamur menginfeksi area kuku. Entah kuku kaki ataupun kuku tangan. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kuku berjamur :

Penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang berkelanjutan yang menyebabkan kulit memerah, bersisik, dan terasa gatal. Psoriasis juga bisa memengaruhi kuku, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi jamur karena kerusakan dan perubahan struktur kuku.

Sepatu Terlalu Sempit

Menggunakan sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan kuku tertekan dan mengalami trauma. Kuku yang rusak lebih rentan terhadap infeksi jamur karena lingkungan yang gelap, hangat, dan lembap di dalam sepatu adalah tempat yang ideal bagi jamur untuk berkembang.

Sering Menggunakan Sarung Tangan

Memakai sarung tangan dalam waktu lama, terutama yang tidak menyerap keringat, dapat menciptakan lingkungan lembap di sekitar kuku jari tangan. Kelembapan ini dapat memicu pertumbuhan jamur.

Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana tubuh mengeluarkan keringat berlebihan, termasuk di tangan dan kaki. Kelembapan berlebih pada kuku dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak.

Kebiasaan Berendam Dalam Air

Sering berendam dalam air, terutama air yang tidak bersih, dapat membuat kuku lembap dalam waktu lama. Kelembapan yang terus-menerus ini dapat melemahkan kuku dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi jamur.

Tinggal di Tempat Lembap

Lingkungan yang lembap, seperti daerah dengan iklim tropis atau rumah yang kurang ventilasi, dapat meningkatkan risiko jamur kuku karena jamur tumbuh subur di tempat-tempat yang lembap dan hangat.

Terserang Kutu Air

Kutu air (tinea pedis) adalah infeksi jamur pada kulit kaki yang bisa menyebar ke kuku. Jika tidak diobati, infeksi kutu air dapat menyebar ke kuku dan menyebabkan jamur kuku.

Infeksi Kuku

Kuku yang sudah terinfeksi oleh bakteri atau mengalami cedera lebih rentan terkena jamur. Infeksi sebelumnya dapat melemahkan struktur kuku, membuatnya lebih mudah ditembus oleh jamur.

10 Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

1. Tea Tree Oil

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Minyak pohon teh mengandung terpinen-4-ol, yang memiliki kemampuan antijamur, antibakteri, dan antiseptik. Encerkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak kelapa atau minyak zaitun ataupun air hangat. Oleskan campuran ini pada kuku yang terinfeksi jamur sebanyak dua kali sehari secara konsisten menggunakan kapas atau cotton bud. Lakukan secara rutin hingga infeksi mereda.

2. Cuka Apel

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Cuka sari apel mengandung asam asetat dan asam malat, yang memiliki kemampuan antijamur dan antibakteri. Untuk membuat obat herbal penyembuh kuku berjamur dengan cuka apel, campurkan cuka sari apel dengan air secukupnya. Rendam kuku yang terinfeksi dalam campuran ini selama 20-30 menit setiap hari. Setelah direndam, keringkan kuku menggunakan handuk atau dikipasi hingga benar-benar kering dengan baik sebelum menggunakan kaus kaki atau sepatu untuk mencegah kelembapan yang dapat memperparah infeksi.

3. Bawang Putih

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Bawang putih mengandung allicin dan ajoene merupakan beberapa senyawa dengan sifat antijamur dan antibakteri yang kuat untuk membantu meredakan kuku jamur. Tumbuk beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak zaitun. Terapkan campuran tersebut pada kuku yang terkena infeksi jamur dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setiap hari hingga kondisi kuku yang terkena jamur membaik.

4. Lidah Buaya

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Lidah buaya mengandung antrakuinon, saponin, dan berbagai vitamin yang memiliki sifat antimikroba dan penyembuhan luka. Ambil gel lidah buaya segar dan oleskan langsung pada kuku yang terinfeksi. Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali sehari. Gel lidah buaya juga berfungsi untuk menghidrasi dan mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit di sekitar kuku. Meskipun melembapkan, akan tetapi lidah buaya memiliki antimikroba yang membuat jamur dan bakteri tidak betah berkembang di kuku.

5. Minyak Kelapa

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Minyak kelapa mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat, yang menunjukkan aktivitas melawan jamur dan bakteri. Oleskan minyak kelapa murni langsung pada kuku yang terinfeksi jamur beberapa kali sehari. Minyak kelapa juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit di sekitar kuku, sehingga mencegah iritasi dan kerusakan kuku yang terinfeksi jamur lebih lanjut.

6. Kunyit

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat antijamur, antiinflamasi, dan antioksidan yang akan membantu kuku terhindar dari infeksi jamur dan bakteri. Buat pasta dari bubuk kunyit yang dicampur menggunakan air. Oleskan campuran ini pada kuku yang terkena infeksi dan biarkan selama setengah jam sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk membantu mengurangi infeksi dan peradangan. Kulit dan kuku yang diolesi kunyit akan berubah warna menjadi kuning, tenang saja hal tersebut adalah hal yang umum untuk perawatan

7. Jahe

Cara Herbal Mengobati Jamur Kuku

Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang memiliki efek melawan jamur dan peradangan. Rebus potongan jahe segar dalam air mendidih dan gunakan air rebusan ini untuk merendam kuku yang terinfeksi selama 20-30 menit setiap hari. Anda juga bisa membuat pasta dari jahe segar dengan cara memarut dan langsung mengoleskannya langsung pada kuku yang terinfeksi, cara kedua ini lebih manjur untuk membunuh jamur kuku.

8. Minyak Oregano

Minyak oregano mengandung carvacrol dan timol yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri ampuh untuk menghilangkan jamur yang bersarang di kuku. Campurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak kelapa atau minyak zaituk, kemudian oleskan pada kuku yang terinfeksi beberapa kali sehari. Carvacrol dan timol membantu menghancurkan dinding sel jamur, sehingga menghentikan infeksi dan proses perkembangbiakan jamur.

9. Ekstrak Daun Zaitun

Ekstrak daun zaitun mengandung oleuropein, senyawa aktif dengan sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Oleskan ekstrak daun zaitun pada kuku yang terinfeksi atau konsumsi suplemen ekstrak daun zaitun untuk membantu mengatasi infeksi dari dalam. Oleuropein membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi jamur secara cepat.

10. Garam

Garam mengandung unsur magnesium sulfat yang memiliki sifat antiinflamasi dan detoksifikasi tubuh. Campurkan garam dengan air hangat dan rendam kaki atau tangan yang terinfeksi selama 20-30 menit. Garam membantu mengurangi peradangan, mengeringkan luka, dan menghambat pertumbuhan jamur. Jika mencoba cara satu ini kamu akan merasakan sensai cekit-cekit di kulit, tidak usah khawatir karena ini adalah efek normal yang akan kamu rasakan.

Baca Juga : Cara Herbal Mengobati Batuk Menggunakan Bahan-bahan Alami

Sekarang Anda sudah paham mengenai apa-apa saja penyebab dan bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jamur kuku. Selain harus berusaha mengobati masalah jamur kuku menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan. Anda juga harus menghindari apa-apa saja yang menjadi faktor penyebab timbulnya jamur kuku. Jangan sampai masalah jamur kuku menjadi masalah rutin yang datang dan pergi sewaktu-waktu. Apabila keluhan sudah membaik mulailah perhatikan kebersihan kuku Anda dengan rutin memotong dan menghindarkannya dari kondisi yang terlalu kering atau terlalu basah.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *