Wajib Tau 11 Cara Herbal Mengobati Batu Empedu Paling Efektif

Cara Herbal Mengobati Batu Empedu – Bagaimana nih kabar Sobat Albiruni, kembali lagi di blog Pabrik Herbal Jogja. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara herbal mengobati batu empedu paling efektif? Apakah kalian tahu bahwa batu empedu merupakan penyakit yang gejalanya hampir sama dengan penyakit pada pencernaan. Batu empedu atau gallstones ini bisa diketahui dengan adanya tes USG, Rontgen, CT Scan Perut, atau Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP). Namun, kamu harus tau bahwa ada cara herbal mengobati batu empedu yang sangat efektif dan sering dipakai nenek moyang kita. Namun harus kamu pastikan dulu bahwa pengobatan secara herbal ini bisa kamu pakai jika kamu sudah berkonsultasi ke dokter. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Batu Empedu dan Apa Saja Gejalanya?

Batu empedu ini sendiri sering disebut dengan Gallstones merupakan  penyakit seperti batu yang berjalan ke saluran tepatnya yang melekat di kantong empedu. Ukuran Gallstones ini sendiri juga bervariasi dari yang kecil hingga besar. Ada yang berukuran sekecil garam hingga sebesar bola tenis. Nah yang sering mengganggu dan menyebabkan sakit adalah yang berukuran besar. Batu empedu sendiri ada dua jenis, batu empedu pigmen dan batu empedu kolesterol. Dua – duanya sam berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan yang baik. Kondisi yang ditimbulkan atau reaksi yang memicu biasanya sebagai berikut:

  • Nyeri di bagian perut kanan atas
  • Nyeri di antara tulang belikat
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Perut kembung
  • Kram perut yang berlebihan
  • Feses berwarna abu – abu

11 Cara Herbal Mengobati Batu Empedu Paling Efektif

Selain pengobatan medis, banyak orang mencari alternatif alami untuk mengatasi batu empedu. Berikut adalah sebelas cara herbal mengobati batu empedu yang paling efektif.

1. Jus Lemon dan Minyak Zaitun

cara herbal mengobati batu empedu

Jus lemon atau perasan lemon ini dipercaya banyak orang untuk meredakan rasa sakit atau nyeri yang sering dialami oleh penderita kolesterol dan batu empedu. Nah, kalau minyak zaitun sendiri dipercaya dapat memecahkan dan menghilangkan batu empedunya itu sendiri. Jadi, kombinasi jus lemon dan minyak zaitun telah lama digunakan sebagai metode alami untuk mengatasi batu empedu. Asam sitrat dalam jus lemon membantu melarutkan batu empedu, sementara minyak zaitun merangsang pelepasan empedu. Caranya mudah sekali dan bisa kamu lakukan sendiri dengan mencampurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan jus dari satu lemon dan minum sebelum tidur selama beberapa hari, setidaknya satu minggu ya, Sobat.

2. Jus Apel

cara herbal mengobati batu empedu

Siapa sih yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Apel yang sangat enak dan segar ini cocok juga untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh khususnya batu empedu ini. Apel ini bisa mengurangi kalori, jadi cocok juga untuk yang ingin mengurangi kadar kolesterol – mu. Jus apel dikenal memiliki kandungan asam malat yang tinggi, yang dapat membantu melunakkan batu empedu dan memudahkan mereka untuk dikeluarkan dari tubuh. Selain jus, kamu juga bisa kombinasikan dengan olahan apel yang lainnya, misalnya cuka apel atau Apple Cider Vinegar. Minum jus apel segar beberapa kali sehari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Rutinlah dengan meminum jus apel ini, agar batu empedu cepat hancur secara alami.

3. Daun Dandelion

cara herbal mengobati batu empedu

Cara herbal mengobati batu empedu lainnya adalah dengan mengkonsumsi atau meminum air rebusan daun dandelion. Daun dandelion mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi empedu dan membantu dalam pembersihan hati. Teh daun dandelion adalah cara yang efektif untuk mengobati batu empedu secara alami. Rebus daun dandelion dalam air panas, saring, dan minum teh ini dua kali sehari.

4. Peppermint

cara herbal mengobati batu empedu

Peppermint mengandung terpene, senyawa yang dapat membantu melarutkan batu empedu. Minum teh peppermint atau mengambil suplemen peppermint dapat membantu mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Cuka Sari Apel

cara herbal mengobati batu empedu

Sudah kami jelaskan bahwa apel adalah salah satu cara herbal mengobati batu empedu bukan? Nah, ini adalah salah satu olahan apel jika kamu bosan dengan jus apel. Cuka sari apel memiliki sifat asam yang dapat membantu melarutkan batu empedu dan meredakan rasa sakit. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat dan minum setiap pagi. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi cuka sari apel secara berlebihan karena dapat merusak enamel gigi.

6. Kunyit

cara herbal mengobati batu empedu

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan batu empedu. Cara membuatnya sangat mudah sekali, cukup dengan menyeduh kunyit – nya dengan air sekitar 250 ml lalu minum air rebusan tadi, jangan lupa untuk disaring ya, Sobat. Kunyit ini dipercaya nenek moyang untuk alternatif meredakan rasa nyeri karena batu empedu yang membesar. Tambahkan kunyit dalam masakan sehari-hari atau minum teh kunyit untuk manfaat optimal.

7. Akar Bit

cara herbal mengobati batu empedu

Akar bit adalah sumber yang kaya akan betaine, yang membantu fungsi hati dan empedu. Mengonsumsi jus akar bit atau suplemen akar bit secara teratur dapat membantu mengurangi ukuran batu empedu dan mencegah pembentukannya di masa depan.

8. Jus Cranberry

Buah cranberry ini bisa kamu jadikan pilihan juga untuk mencegah juga cara herbal mengobati batu empedu. Selain mengobati, jus buah ini mampu meringankan rasa sakit ataupun nyeri karena batu empedu loh. Jus cranberry ini mempunyai serat atau fiber yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh penderita, hal itu akan sangat disarankan juga untuk penderita kolesterol. Antioksidan dalam kandungan buah cranberry juga dapat membantu menjaga kantong empedu dan liver agar tetap sehat dan bisa bekerja secara normal.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya juga adalah cara herbal mengobati batu empedu yang sangat efektif juga. Selain mengobati, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa ini untuk mencegah batu empedu datang lagi. Minyak kelapa sendiri juga banyak sekali manfaat karena mempunyai kandungan lemak yang sifatnya esensial dan mudah dicerna oleh liver atau hati. Caranya juga termasuk sangat mudah, yang biasanya kamu menggoreng menggunakan minyak goreng, kamu bisa ganti dengan minyak kelapa. Selain mencegah batu empedu, juga bisa mengubah pola hidup menjadi sehat.

10. Minyak Jarak

Cara herbal mengobati batu empedu yang selanjutnya adalah dengan minyak jarak. Beda dengan minyak kelapa, minyak jarak hanya bisa kamu bubuhi di perutmu dengan kain tipis hangat selama beberapa jam. Karena minyak jarak sendiri tidak boleh dikonsumsi. Minyak jarak ini punya sifat anti mikroba yang bisa bantu kamu melawan bakteri yang tumbuh berlebihan. Benefit lain yang kamu dapatkan adalah minyak jarak ini dipercaya punya sifat atau kandungan anti radang, jadi kamu bisa pakai minyak jarak untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit karena batu empedu tersebut.

 11. Teh Hijau

Cara herbal mengobati batu empedu yang paling efektif ini dikenal sebagai greentea. Sudah tak perlu diragukan lagi bahwa manfaat teh hijau atau green tea ini sangat banyak. Khasiat yang ada dalam teh hijau atau green tea ini adalah menjadi antioksidan yang dapat menambah energi dan juga mengurangi peradangan. Dipercaya juga bahwa teh hijau mampu mengurangi rasa sakit juga nyeri pada penderita batu empedu. Kandungan fiber pada green tea atau teh hijau ini juga tinggi, jadi sangat cocok untuk penderita batu empedu.

Masih banyak lagi khasiat yang dihasilkan teh hijau ini. Cara buatnya juga sangat mudah sekali, kamu bisa langsung merebusnya dengan air dan meminumnya setiap hari dipagi hari. Sekarang juga sudah banyak yang menjual teh hijau kemasan praktis tinggal seduh. Jangan lupa juga untuk selalu cek kandungan dan mereknya ya. Jangan asal – asalan juga. Teh hijau kemasan tinggal sedih ini kamu bisa beli di apotek terdekatmu dan juga minimarket sekitarmu loh, Sobat! Jadi tak perlu khawatir lagi ya!

Baca Juga : 11 Cara Herbal Mengobati Bibir Pecah-pecah Dijamin Efektif

Cara Herbal Mengobati Batu Empedu

Dalam menjaga kesehatan pencernaan, penting juga untuk menjaga kolesterol agar tidak adanya tumbuh batu empedu yang besar dan bisa menjadikan penyakit yang sangat amat berbahaya jika tidak dicegah dari dini. Penting juga untuk memilih metode yang aman dan sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Bahan-bahan herbal yang telah disebutkan di atas tidak hanya efektif dalam mengobati batu empedu, tetapi juga memberikan nutrisi tambahan yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan juga mencegah tingginya kadar kolesterol pada tubuh kita. Dengan mencoba solusi herbal ini, kamu dapat merasakan manfaatnya secara langsung tanpa khawatir akan efek samping berbahaya. Selalu ingat untuk mendengarkan tubuh kamu dan memberikan perawatan terbaik yang dibutuhkan. Akhirnya kita sudah sampai di akhir kalimat, bagaimana Sobat? Cara mana nih yang mau kamu coba? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *